in Blog

Menutup Tahun 2016 Di Desa Gumati Sentul Selatan

Sharing is caring!

Tahun 2016 sudah mengakhiri eranya, tahun yang banyak sekali tantangannya, tahun dimana ujian datang silih berganti untuk karier saya. Dipenghunjung tahun 2016 seperti tahun sebelumnya kami sekeluarga memutuskan untuk menghabiskan waktu bersama di luar rumah, karena waktu kami yang bekerja sulit sekali bisa bermain bersama anak-anak diluar rumah alias liburan. Dan dipenghujung akhir tahun ini juga bertepatan dengan liburan anak sekolah. Untuk liburan penutup tahun kali ini kami memutuskan untuk menginap di Desa Gumati Resort di kawasan Sentul Selatan.

Setelah melihat info lalu lintas di tol jagorawi ternyata tidak macet kearah ciawi, kami memutuskan untuk berangkat dari Depok pukul 12. Karena waktu chekin disana jam 14.00 kami mempunyai waktu lumayan lama sehingga tidak terburu-buru di perjalanan. Jarak antara Depok dan kawasan Sentul selatan tidak terlalu jauh dan bukan kawasan macet. Selama di perjalanan anak-anak tidur pulas untuk mengisi tenaga saat nanti sudah sampai di tempat tujuan.

Fasilitas Desa Gumati Resort

Kami akhirnya sampai di Desa Gumati Resort sekitar jam 14 kurang, kami langsung menuju front office untuk mengecek bookingan kami yang dilakukan sebelumnya. Sudah menanti petugas front office yang menyambut saya dengan ramah, dan menjelaskan dengan detail fasilitas yang saya dapatkan. Kami mendapatkan tempat Villa Bukit dengan fasilitas 2 kamar tidur dan 1 living room. Karena harga saat kami memesan merupakan harga untuk paket tahun baru sehingga ada beberapa fasilitas tambahan yang kami dapatkan seperti voucher gala dinner untuk 4 orang, voucher breakfast untuk 4 orang, kupon jajanan untuk acara pergantian tahun sebanyak 4 kupon dan juga voucher discount 30% masuk ke kawasan Gumati Waterpark. Oh iya sekadar informasi di Desa Gumati Resort juga terdapat Waterpark sehingga ada fasilitas tambahan yang bisa dinikmati oleh keluarga.

Setelah kami mendapatkan kunci kamar, kami diantar oleh housekeeping ke tempat kami menginap di villa bukit. Untuk tipe villa di Desa Gumati terdapat 3 buah dan berada di tempat yang sama. Saat sudah masuk ke dalam villa menurut saya ukuran nya lumayan luas masih nyaman jika dihuni oleh 10 orang dewasa. Dengan 2 kamar tidur dengan dilengkapi kamar mandi, AC dan 2 tempat tidur. Untuk ruangan tengah lumayan besar dengan sofa dan kulkas kecil.

Villa Bukit Desa Gumati

Living Room Villa Bukit Desa Gumati

Kamar Villa Bukit Desa Gumati

Setelah kami memasukan barang bawaan ke dalam kamar, sekarang saatnya untuk makan siang. Untuk makan siang kami memutuskan untuk pergi ke New Panjang Jiwo yang bersebelahan dengan Desa Gumati. Waktu itu kami pernah mampir kesana secara tidak sengaja saat survey tempat ghatering. Tempatnya dilengkapi area pemancingan sehingga sambil menyantap makan siang kami juga sambil memancing ikan. Acara makan siang selesai saya dan anak – anak melanjutkan kegiatan memancing sampai dengan jam 16 sore.

Tempat Pemancingan

Kampung Pasar Malam Desa Gumati

Setelah puas dengan kegiatan memancing ikan, kami pun kembali ke Desa Gumati Resort. Menikmati fasilitas kolam renang yang ada di area resort merupakan tujuan kami selanjutnya. Anak-anak memang suka sekali bermain air, dimanapun kami menginap harus selalu ada kolam renang sebagai fasilitas tambahannya. Resort ini mempunyai kolam renang yang tidak lumayan besar tapi cukup buat anak-anak berenang dan bermain air, letaknya berada di dekat restaurant ataupun front office. Selesai berenang kamipun kembali ke kamar untuk mandi dan bersiap mengikuti acara nanti malam.

Kolam Renang

Acara kampung pasar malam desa gumati dimulai saat acara makan malam, semua dipusatkan di depan restaurant. Gala dinnernya sendiri diisi dengan berbagai menu makan seperti sate kambing, sate ayam, seafood      dll serta diiringi alunan music live di panggung hiburan. Untuk acara perayaan malam tahun baru dibuka dengan tairan rampak gendang yang merupakan salah satu kesenian tradisional jawa barat, tari jaipong dan live music. Sambil menikmati sajian keseniaan pengunjung sendiri bisa menikmati jajanan-jananan tradisional seperti serabi, uli bakar, bakso, bajigur, bandrek dan lain-lain. Dan acara puncak tepat pukul 00.00 atau saat menginjak tanggal 1 januari 2017 diadakan pesta kembang api. Selesailah rangkaian acara menyambut tahun baru 2017, besoknya kami berencana untuk menikmati water park yang masih ada di Desa Gumati Resort. Untuk ulasan mengenai Water Park Desa Gumati akan saya ulas di tulisan saya berikutnya.