Network Scanning Dengan Menggunakan Nmap

Posted on

Apa itu network scanning ?

Network Scanning merupakan metode untuk mencari port atau pintu masuk pada sebuah jaringan atau IP. Tujuan dari Network scanning bisa beragam, mulai untuk menguji keamanan pada suatu jaringan atau hanya untuk sekedar menganalisa celah apa saja yang terdapat pada jaringan tersebut. Cara kerja network scanning sangatlah mudah, yang pertama untuk mendapatkan akses ke host, terlebih dahulu kita harus mengetahui titik-titik kelemahan yang ada pada server tersebut. Sebagai contoh apabila seseorang sudah mengetahui bahwa host menjalankan proses ftp server, maka orang tersebut dapat memanfaatkan kelemahan-kelemahan yang ada pada ftp server untuk mendapatkan hak akses. Untuk mengetahui port atau service apa saja yang terbuka atau berjalan pada server tersebut maka digunakanlah beberapa tools untuk melakukan scanning. Setelah proses scanning tersebut berhasil dilakukan maka akan terkumpul informasi mengenai server tersebut, mulai dari port yang terbuka sampai service apa saja yang sedang berjalan. Setelah terkumpul informasi tersebut maka kita bisa menentukan tindakan apa yang akan dilakukan untuk memanfaatkan celah keamanan tersebut.

Apa itu Nmap ?

Nmap (Network Mapper) merupakan sebuah alat (software) yang berbasis opensourceuntuk melakukan eksplorasi jaringan dan audit keamanan. Nmap ini dirancang untuk memindai jaringan dengan skala besar secara cepat. Meskipun begitu nmap juga tetap berjalan baik pada single host. Nmap menggunakan paket IP Raw dengan cara baru untuk menentukan host apa saja yang terdapat pada jaringan, layanan apa saja (Nama aplikasi dan versinya) yang mereka tawarkan, Sistem operasi apa yang digunakan, apa jenis paket filter atau firewall yang sedang digunakan dan puluhan karakteristik lainnya. Selain untuk audit keamanan, Nmap juga dapat digunakan untuk inventori jaringan dan pemantauan host.

Beberapa kelebihan dari Nmap diantaranya:

  1. Fleksibel, mendukung banyak sekali teknik canggih untuk memetakan jaringan dengan menggunakan filtering IP, Firewall, Router dan hambatan lainnya. Nmap juga memiliki beberapa mekanisme port scanning (Baik TCP dan UDP), pendeteksian system operasi dan sebagainya.
  2. Powerful untuk scanning jaringan yang besar
  3. NMap dapat berjalan pada banyak system operasi seperti Linux, Microsoft, FreeBSD, OpenBSD, Solaris, IRIX, Mac OS X, dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *