implementasi sertifikat digital di banpt

Implementasi Tanda Tangan Elektronik Pada Sertifikat Akreditasi Perguruan Tinggi

Posted on

Implementasi tanda tangan elektronik saat ini semakin menunjukan peningkatan yang cukup tinggi, penyelenggara transaksi elektronik atau yang mempunyai aplikasi elektronik sesuai peraturan yang berlaku memang harus mengimplementasikan Sertifikat Digital untuk menjaga keamanan dalam bertransaksi. Begitupun dengan Badan Akreditasi Nasional Perguran Tinggi (BANPT) menyadari pentingnya tanda tangan elektronik untuk di implementasikan di aplikasi yang dimiliki saat ini.

Aplikasi yang rencananya akan diterapkan tanda tangan elektronik yaitu di AplikasiĀ Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO).Ā  SAPTO atau Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online adalah sistem yang diselenggarakan BAN-PT untuk proses akreditasi perguruan tinggi secara online. Dikembangkan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas proses akreditasi perguruan tinggi. SAPTO mendukung setiap proses yang dilakukan dalam akreditasi seperti pengajuan usulan akreditasi oleh perguruan tinggi, pemeriksaan dokumen, penugasan asesor dan validasi yang dilakukan, proses asesmen kecukupan (AK) dan asesmen lapangan (AL) oleh asesor.

Dalam SAPTO, Perguruan Tinggi (PT) berperan sebagai entitas yang mengajukan usulan akreditasi baik untuk Akreditasi Perguruan Tinggi (APT), maupun Akreditasi Program Studi (APS). Setiap perguruan tinggi akan diberi 1 (satu) akun menggunakan kode perguruan tinggi yang terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti). Akun tersebut digunakan untuk mengajukan akreditasi perguruan tinggi dan akreditasi program studi yang berada di lingkungan perguruan tinggi tersebut.

Aplikasi Sapto

Untuk implementasi Tanda Tangan Elektronik ini BANPT menggandeng Penyelenggara Sertifikasi Elektronik dari BPPT yaitu iOTENTIK. Dimana nantinya iOTENTIK sebagai penyelenggara Government CA akan menerbitkan Sertfikat Digital untuk digunakan oleh BANPT melakukan Tanda Tangan Elektronik di dokumen sertifikat akreditasi dan Surat Keputusa Akreditasi.

Diharapkan terobosan terbaru dari BANPT ini bisa lebih meningkatkan pelayanan kepada Perguruan Tinggi dalam melakukan akreditasi sebagai nilai tambah dari sistem yang sudah berjalan pada sistem SAPTO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *