Aplikasi Untuk Ramadhan

Posted on

Smartphone dan beragam aplikasinya kian populer digunakan untuk menunjang berbagai aktivitas, tak terkecuali untuk kegiatan selama bulan ramadan. Para developer pun menyediakan segudang aplikasi yang bermanfaat untuk membantu kegiatan ibadah di bulan puasa.

Aplikasi tidak terbatas hanya untuk jenis smartphone tertentu saja, mulai dari iPhone, smartphone Android, Nokia dan BlackBerry, semua memiliki sederet aplikasi islami.

Untuk iPhone salah satunya ada iPray untuk mengetahui waktu sholat di seluruh dunia dan memberitahukan arah kiblat. Selain iPray ada juga Guidance Pray, iQuran, My Quran, dan iSubha. Aplikasi ini juga bisa digunakan di iPad.

BlackBerry App World milik Research In Motion (RIM) juga menyediakan aplikasi islami untuk orang dewasa hingga games untuk anak-anak. Bulan kemarin, pembesut BlackBerry ini merilis 10 aplikasi islami untuk tablet BlackBerry PlayBook dan tiga aplikasi untuk BlackBerry.

Uniknya RIM tak hanya fokus menyajikan aplikasi islami, tapi seperti dikatakan Mike Al Mefleh, Regional Product Manager RIM, mereka juga memasukkan aspek lainnya seperti hiburan.

Lalu ada Konooz yang dirancang sebagai aplikasi edukasi bagi keluarga yang mengulas sport, kultur dan fakta islami melalui pertanyaan kuis yang bisa dimainkan seluruh anggota keluarga. Ada juga Arabic Recipe untuk yang memungkinkan pengguna PlayBook memposting resep dan informasi masakan arab ke jejaring sosial untuk dibagi dengan teman.

Aplikasi islami untuk lainnya termasuk diantaranya Mecca, Quran, Medina, Stressless, aplikasi literature islam, Kids Stories yang menawarkan kisah-kisah nabi dan game bernama Memory Cards.

Nokia pun tak ketinggalan turut meramaikan pilihan aplikasi ramadan. Sederet aplikasi ramadan terbaru yang disediakan Ovi Store di tahun ini diantaranya uQuran Micro uQuran, aplikasi Al-Quran dengan user interface yang mudah digunakan. Aplikasi ini juga menawarkan terjemahan per ayat dan 100 persen mendukung Touch Screen. Selain itu ada ARY QTV and ARY Zauq, Al Quran, Qibla Touch, Namaz.me, Weekly Quran & Hadith, Lesson of the Day, Boyoot Allah dan Manasik. Aplikasi ramadan 2011 kompatibel dengan sederet perangkat Nokia termasuk Nokia N8, Nokia E7, Nokia C7, Nokia C3 dan Nokia X2-01.

Terakhir, Android pun tidak kalah. Beberapa aplikasi islami untuk ponsel ini diantaranya Dua & Azkar, 40 Hadith Qudsi, Islamic Stories for Muslims, Celebrities Converts to Islam dan Sayings of Caliphs yang berisi 50 peribahasa berharga dari empat khalifah Islam.

Tentunya, jika Anda mencari lebih dalam lagi akan ada lebih banyak aplikasi islami yang Anda temukan, baik dari developer lokal maupun luar negeri. Semua aplikasi pada dasarnya memiliki fungsi yang sama, yakni menunjang kegiatan ibadah di bulan ramadan agar lebih berkualitas. Selamat menjalankan ibadah puasa!

Sumber : Detiknet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *